Halaman

Selasa, 10 April 2012

Tips Menulis Sakti


Hmm, tak bosan-bosannya yah saya menulis hasil pertemuan pramuda 16 FLP Jakarta. Iya dong, secara ini kan dijadikan tugas juga, hehe... selain itu ada pepatah yang mengatakan begini “ Ikatlah Sebuah Ilmu dengan Tulisan”. Wow... sakti yah.
Hah?? Apah?? Sakti??
Iyah... sakti!!!

Oke!! Untuk pertemuan kali ini pramuda 16 FLP Jakarta kedatangan seorang tamu yang sakti dalam tulis menulis. Seorang penulis yang pada tahun 2000-an karya-karyanya banyak berseliweran di Annida. Bahkan katanya pernah loh  beberapa karyanya dimuat pada satu edisi dengan rubrik yang berbeda. Yupz... Sakti Wibowo.

Pertemuan yang diadakan di PDS HB.Jassin,TIM, Jakarta itu benar-benar menjadi weekend yang menyenangkan. Bukan hanya berlibur menikmati udara Jakarta dengan berjalan kaki dari halte busway keramat sentiong menuju Taman Ismail Marzuki( itumah kamu aja kali... yang lain enggak,hihi..) tapi tentunya dapat ilmu juga. Sik asyik... sik asyik....

Uniknya dari pertemuan kali ini, mas Sakti mempersilahkan dulu para anggota pramuda untuk sharing sebelum memasuki pembahasan materi. Sharing inilah... sharing itulah... dan ya..!! ini adalah langkah awal untuk mulai memasuki materi.

Sebelumnya mas Sakti melontarkan sebuah pertanyaan kepada pramuda, “apasih yang membuat cerpen itu terasa menarik”. Banyak jawaban yang muncul di sana. Dari mulai pesan moral, originalitas, gaya bahasa, surprise ending dan lain lain.

Tentang ke-originalitasan cerita, originalitas disini bukan lagi original pada bahan, pada cara pengemasan, tapi sudah pada citarasa, pada sudut pandang yang berbeda dengan cerpen lainnya. Jika penulis lain mengemas misalnya saja gado-gado dengan sayuran, kenapa kita tidak mencoba mengemas gado-gado dengan pecahan berbagai macam kaca misalnya.

Sedangkan tentang gaya bahasa, mas Sakti menjelaskan bahwa ide akan terasa menarik jika dikemas dengan gaya bahasa. Gaya bahasa disini bukan berarti harus lebay, kadang gaya bahasa yang sederhana pun bisa menjadi menarik,tapi kadang juga bahasa yang mendayu-dayu bisa menjadi menarik. Kecakapan dalam gaya bahasa itu sangat penting. Yang pasti dalam penggunaan bahasa jangan menggunakan kata yang belum dipahami oleh diri sendiri. Karena ini akan menuntut sebuah pertanggung jawaban. Hmm... manggut-manggut deh J

Dan ternyata, dalam menulis, mas Sakti ini bukan penganut mazhab ‘air mengalir’ loh. Dalam artian mengalir saja meski tak tahu arah dan juntrungnya. Menulis itu baginya adalah terstruktur. Terencana. Dari mulai awal hingga ending.

Berikut tips dari mas Sakti dalam menulis cerpen:
  •        Tentukanlah tokoh lalu visualisasikanlah tokoh tersebut secara mendetail. Example, bagaimana bentuk rambutnya, bagaimana raut mukanya, bagaimana cara berjalannya, bagaimana cara dia marah, bagaimana cara dia mengungkapkan kesedihanya, bagaimana dia merasa cenburu, apa sajakah hobinya? Dan tentu masih banyak detail-detail lagi yang lainnya.
  •         Mulailah untuk menjebloskan dia dalam sebuah kamar, menguncinya dengan rapat, ikat kakinya, lalu masukkan dia dalam masalah (sebentar dulu, ini istilahnya mas sakti loh... hihi keren ya) . Sebuah masalah yang harus menjadi berat bagi tokoh tersebut meski pun masalah itu adalah hal yang sepele. Example; masalah jerawat pada remaja umuran SMP.
  • Selesaikan masalah tersebut dengan beberapa cara, bukan hanya satu cara saja. Usahakan agar masalah bertumpuk hingga tercapai pada masalah yang lebih besar. Sehingga jika tokoh tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut maka akan matilah tokoh tersebut.
  •      Penyelesaian; buatlah ending semenarik mungkin. Dalam hal ini ada yang dinamakan sebagai surpraise ending. Sebenarnya apa sih surprise ending itu?? Surprise ending dalam hal ini adalah twist dimana penulis bisa mengecoh pembaca. Bahwa seakan-akan cerita itu bergerak ke kiri padahal sebenarnya cerita sedang bergerak ke kanan.
 Hmm, bagaimana...bagaimana?? oke bin sakti kan... J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar